#

Logo Artikel

176 ITSBAAT

Sidang Terpadu 2020

Pengadilan Agama Tanjung Pati Laksanakan Sidang Itsbat Nikah Terpadu.

 

Pengadilan Agama Tanjung Pati laksanakan sidang itsbat nikah terpadu, Kamis (13 Agustus 2020) di Kantor Camat Mungka. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Kab 50 kota yang diwakili oleh Camat Mungka, Dinas Dukcapil dan Kementerian Agama Kabupaten 50 Kota serta Forkompinca Kecamatan Mungka.

Kegiatan pelayanan terpadu ini, diikuti oleh 36 pasang suami isteri yang mengajukan itsbat nikah (penetapan nikah). 

"Semoga kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan status hukum pernikahan dan membantu masyarakat" ungkap Anneka Yosihilma, S.H, MH, Ketua Pengadilan Agama Tanjung Pati.

"Namun dengan adanya kegiatan ini, bukan berarti PA Tanjung Pati melegalkan kegiatan nikah liar (nikah tdk tercatat)" ungkap wanita yang baru saja dilantik sebagai Ketua Pengadilan Agama Tanjung Pati.

Disdukcapil Kab 50 Kota diwakili Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Asri Melwani, S.Sos, menyampaikan di Kecamatan Mungka terdapat 812 pasangan  yang belum tercatat pernikahannya, dan akan didata kembali untuk pelaksanaan istbat nikah selanjutnya.

Camat Mungka, Endra Amzar, S.H menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pengadilan Agama Tanjung Pati  yang berkoordinasi dengan Kemenag Kabupaten 50 Kota dan Disdukcapil 50 Kota yang melaksanakan kegiatan itsbat terpadu ini. Harapan camat kegiatan ini dapat membantu masyarakat mendapat status hukum perkawinan mereka namun juga mengedukasi dan menghimbau masyarakat agar kedepan tidak ada yang menikah tanpa mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 14.00 WIB, dan langsung diserahkan penetapan dan dokumen kependudukan secara simbolis oleh Ketua Pengadilan Agama Tanjung Pati, Anneka Yosihilma, S.H, M.H dan Dinas Dukcapil Kabupaten 50 Kota Asri Melwani, S.Sos melalui Camat Mungka Endra Amzar, SH untuk selanjutnya diserahkan kepada peserta Itsbat Terpadu. (Redaktur PA Tj Pt)


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas